top of page
Search
  • jayapenulis

Yuk, Kenali Struktur Dalam Penulisan Artikel yang Baik dan Benar



Mengetahui cara menulis yang baik dan benar adalah kemutlakan yang harus diketahui oleh semua penulis. Sekarang ada banyak sekali loh, orang-orang yang menulis untuk website atau mungkin bekerja sebagai pekerja lepas jasa penulis artikel, namun saat dibaca hasilnya masih kurang memuaskan. Hal tersebut bisa terjadi karena mungkin mereka kurang memahami apa saja unsur dan struktur yang harusnya ada di dalam artikel itu. Untuk itu, biar tak melulu salah, simak dalam ulasan berikut ini ya!

Judul Adalah Hal yang Paling Penting

📷

The most important thing dalam sebuah artikel adalah judulnya. Sebelum kamu menulis, kamu mengenalkan pembahasan apa yang akan kamu bahas dengan judul yang ada. Judul yang menarik juga membuat seseorang tertarik untuk membaca lebih lanjut artikelmu.

Pembukaan Artikel (Opening or Lead)

Lead adalah kalimat peragraf pertama pada artikel. Dalam lead ini, kalimat yang digunakan haruslah jelas, padat, dan menyatakan secara keseluruhan hal yang akan kamu bahas dalam badan artikel. Nantinya setelah lead akan ada leher (bridge) yang merupakan jembatan menuju isi artikel yang menjadi pokok tulisan. Di sinilah para penulis dan penyedia jasa penulis artikel sering lupa dan tidak cermat.

Isi Artikel

📷

Bagian inti dan yang paling penting tentunya adalah isi artikel. Dalam menuliskan isi ini, kamu dituntut untuk selalu bisa mengutarakan dengan tidak bertele-tele, memulai dengan kalimat yang enak dibaca, dan mengupas tuntas semua hal yang ingin kamu bahas, hingga semua permasalahan tuntas sebelum kamu menutup dan mengakhiri artikel tersebut. Jangan sampai, sudah menulis panjang lebar, pembaca masih tak paham apa yang sebenarnya ingin kamu sampaikan. Kan rugi jadinya bukan?

Penutup

Poin terakhir adalah penutup. Dalam penutup ini sebenarnya tak banyak yang bisa kamu tulis, hanya sebatas kesimpulan, saran, atau mungkin call to action ke pembaca. Kamu bisa menulis apakah mereka juga punya masalah yang sama, atau mungkin menanyakan apakah tulisan itu sudah cukup bermanfaat. Setelahnya, kamu akhiri saja tulisanmu.

Dengan mengetahui pedoman di atas, mungkin kamu bisa menulis artikelmu sendiri tanpa harus memakai jasa pembuatan artikel di lain waktu. Semoga bermanfaat ya!

18 views1 comment
bottom of page